• Minggu, 27 November 2022

Presiden Jokowi Kunjungi Para Pengungsi Gempa di Cugenang Cianjur

- Kamis, 24 November 2022 | 14:40 WIB

Presiden Joko Widodo menemui para pengungsi penyintas gempa di SDN 2 Sukamaju, Gasol, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022).(Antara/HO-Biro Setpres)

JABOTABEK UPDATE--Presiden Joko Widodo meninjau Kecamatan Cugenang yang terdampak gempa magnitudo 5,6 terparah di Kabupaten CianjurJawa Barat, Kamis 24 November 2022.

"Saya datang ke Kecamatan Cugenang ini, karena ini adalah episentrumnya," ujar Presiden Joko Widodo di SDN 2 Sukamaju, Gasol, Cugenang, Kabupaten CianjurJawa Barat, Kamis siang.

Menurut Presiden Jokowi, kawasan tersebut terdampak paling parah, terutama untuk rumah yang roboh paling banyak. Korban meninggal juga banyak dari lokasi tersebut.

Baca Juga: Geolog: Paska Gempa Cianjur Muncul Banyak Sesar Aktif

"Yang paling penting setelah evakuasi selesai, distribusi bantuan sudah bisa menjangkau ke semua lokasi, baru babak berikutnya adalah rehabilitasi untuk rumah-rumah yang rusak berat, sedang maupun ringan," ujarnya.

Bantuan untuk warga sebesar Rp50 juta bagi yang rumahnya rusak berat, rusak sedang Rp25 juta, dan rusak ringan Rp10 juta.

Dia mengatakan bantuan akan terdiri beberapa skema. Ada yang nanti dibangun oleh Kementerian PUPR maupun TNI, guna mempercepat proses dan tidak terpaku pada satu skema.

Baca Juga: BMKG: Gempa Cianjur Tercatat Dalam Siklus 20 Tahun

 

Kedatangan presiden disambut warga yang mengungsi di posko SDN 2 Sukamulya. Presiden memberikan sejumlah bantuan kebutuhan pokok kepada pengungsi.

Presiden Jokowi memastikan evakuasi warga tertimbun hingga distribusi logistik pasca gempa di Kabupaten Cianjur Jawa Barat berjalan dengan baik.

"Saya ingin memastikan proses evakuasi berjalan dengan baik yang pertama karena kita tahu di sini masih ada 39 orang yang belum ditemukan di satu titik saja. Sehingga proses evakuasi menjadi prioritas saat ini," ujar Presiden Jokowi di Cijedil, Cugenang, Kabupaten CianjurJawa Barat, Kamis 24 November 2022.

Baca Juga: 343 Rumah Rusak di Sukabumi Terdampak Gempa Cianjur

Presiden Jokowi kembali ke Kabupaten Cianjur setelah kunjungannya pada Selasa (22/11). Presiden juga ingin memastikan bahwa logistik di lapangan terdistribusi dengan baik.

Halaman:

Editor: Jiwa Yudha

Sumber: Antaranews.com, sinarharapan.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenkes Buka Lowongan 60 Jabatan Direksi Rumah Sakit

Sabtu, 26 November 2022 | 15:57 WIB

Polres Jakbar Tangkap 11 Pembobol Mesin ATM

Sabtu, 26 November 2022 | 15:44 WIB

Lagi, Gempa Guncang Cianjur Tadi Malam

Kamis, 24 November 2022 | 01:40 WIB

Tokoh Supranatural Ki Joko Bodo Meninggal Dunia

Selasa, 22 November 2022 | 12:27 WIB
X